Sabtu, 31 Maret 2012

Rakornas I FORMATANI @UNAND Padang


“Satu Cinta untuk Indonesia”
Alhamdulillah, Pertemuan Nasional I mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi se-Indonesia telah selesai dilaksanakan pada tanggal 2-5 April 2011 di Universitas Padjadjaran – Bandung. Rangkaian kelengkapan Organisasi juga telah rampung dibahas dan disepakati yang terdiri dari AD/ART, GBHK/GBHO dan juga struktur Organisasi. Ibarat membangun sebuah rumah kita baru saja selesai membuat Pondasi, memang sangat vital peranannya tetapi kalau hanya dengan mengandalkan pondasi niscaya bangunan tersebut tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Begitu juga dengan Organisasi kita ini, tanpa merampungkan bagian-bagian bangunan yang lainnya maka kita hanya sebatas membangun pondasi tapi tidak tahu dengan fungsi dan rencana penggunannya untuk apa.
Wadah kita ini terbentuk bukanlah karena ide semalam lantas dengan pertemuan 3 hari maka terbentuklah wadah mahasiswa Agroekoteknologi/Agroteknologi, bukan juga hanya dengan persiapan 2-3 minggu kemudian terbentuk wadah, tetapi apa yang kita hasilkan pada pertemuan Nasional kali ini adalah bagian dari perumusan panjang oleh teman-teman mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia. Bermula ketika kita melaksanakan Konsolidasi Pertama di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tanggal 4 Februari 2010, melaui perdebatan panjang di forum akhirnya silaturrahmi kita pada kesempatan tersebut tidak menghasilkan apa-apa kecuali ‘hanya’ bisa bersilaturrahmi dengan teman-teman Agroteknologi/Agroekoteknologi se-Indonesia, padahal rencana awal dari teman-teman panitia penyelenggara kita akan bisa mendeklarasikan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Indonesia, akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan masukan serta ide yang mengemuka di forum tercapai kesepakatan untuk melaksanakan Konsolidasi II Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia di Universitas Brawijaya – Malang.
Konsolidasi II Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia di Universitas Brawijaya – Malang di laksanakan mulai tanggal 12 Juli - 18 Juli 2010, adapun tujuan awal kita melaksanakan konsolidasi ini sesuai dengan kesepakatan pada Konsolidasi I di UNS adalah untuk  Koordinasi pembentukan Himpunan Nasional Agroekoteknologi/ Agroteknologi Indonesia, Menjalin silaturahmi antar mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi, Membangun pola pikir Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi yang Kritis, Dinamis dan Dialegtis. Dari pertemuan ini dihasilkankan beberapa kesepakatan yang di tuangkan dalam Draft AD/ART yang telah di sepakati, diantaranya Organisasi ini bernama Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia yang selanjutnya disingkat FORMATANI, dan secara resmi di dirikannya FORMATANI adalah tanggal 18 juli 2010 di Universitas Brawijaya Malang. Dan untuk kepengurusan sementara terpilih saudara Ilham Kurniansyah dari UNS sebagai Koordinator Pusat yang menjadi Eksekutif sementara untuk menjalankan Formatani sebelum dilaksanakan Pertemuan Nasional. Di dalam piagam deklarasi ditandatangi oleh 19 Perwakilan Institusi yang menyetujui pembentukan wadah (FORMATANI) ini. Rangkaian dari mimpi-mimpi yang kita bangun harus secara konsisten untuk selalu di upayakan menjadi sesuatu yang dirasakan manfaatnya bukannya hanya kita sebagai mahasiswa pertanian, tetapi juga masyarakat Indonesia umumnya.
Kilas Balik Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi
Global Warming  adalah salah satu isu yang melanda seluruh dunia semenjak pertengahan abad 20. Begitu juga dengan Negara kita tercinta ini, Indonesia dituding sebagai negara ketiga terbesar di dunia sebagai pembuang gas emitter ke atmosfer. Gas emitter ini sebagian besar berasal dari alih guna lahan hutan dan pembukaan lahan gambut. Isu yang lainnya adalah produksi pangan Indonesia yang semakin menurun sehingga untuk komoditas tertentu kita harus mengimpor untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. 
Dua isu tersebut merupakan bagian dari permasalahan yang harus kita temukan  solusinya, terlebih beban moril kepada kita mahasiswa (khususnya mahasiswa Pertanian) yang mendapat julukan dari masyarakat sebagai insan cendekia, iron stock, Agent of Change dan sederetan istilah yang dilekatkan oleh masyarakat kepada kita, yang harapan mereka juga tentunya kita bisa membuktikan bahwa kita bisa menjadi bagian problem solver terhadap permasalahan yang ada di Indonesia, khususnya Pertanian. Kita di tuntut untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif untuk menemukan solusi masalah pertanian terbaru kita agar terbentuk Sustainable Agriculture dan juga pembuktian bahwa kita benar sesuai fakta adalah Negara Agraris. Kita harus memanfaatkan segala resource (sumber daya) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kesempatan untuk memberikan Solusi terhadap permasalahan Pertanian kita ini harus benar-benar kita perhatikan sebagai Insan Cendekia. Sehingga Food Security (ketahanan pangan) dan Food Soverignty (kedaulatan pangan) Indonesia adalah bagian penting untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia. Satu permasalahan lagi yang ada di dunia pendidikan khususnya di bidang pertanian adalah menurunnya minat masyarakat terhadap pendidikan di dunia pertanian. Hal ini menjadi salah satu alasan dicetuskannya program studi baru di fakultas pertanian yang akan menjawab permasalahan pertanian Indonesia dengan menggabungkan Information TechnologyCommunicationInnovation and Idea, pada dunia pertanian yang bernama “Agroekoteknologi/Agroteknologi” sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 163/2007.
Permasalahan itu bukan menjadi hambatan kita untuk maju dan sejahtera, tetapi harus kita jadikan sebagai salah satu Challange batu loncatan dalam mengatasi berbagai permasalahan untuk pertanian Indonesia yang lebih baik. Salam satu Cinta yang coba kita tumbuh kembangkan dalam Formatani secara perlahan tapi pasti harus kita berikan juga untuk Pertanian Indonesia, untuk Pertanian yang lebih jaya, satu Cinta untuk Indonesia.
 (Jauhi orang yang meremehkan ambisimu. Orang-orang kecil selalu melakukan itu tetapi mereka yang benar-benar besar, membuatmu merasa kau juga bisa menjadi Besar_ Mark Twain ”)


Hidup! Pertanian!

FORMATANI! Satu Cinta!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar