Senin, 02 April 2012

Sensus Pertanian Digelar 2013

JAKARTA--MICOM: Badan Pusat Statistik berencana melakukan sensus pertanian pada 2013 mendatang. Sensus tersebut untuk mengetahui data statistik pertanian nasional. 

"Kami akan mengumpulkan karakteristik pokok dan rinci dari seluruh petani, perusahaan pertanian, dan mengukur objek kegiatan statistik pertanian dalam Sensus Pertanian," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin di Jakarta, Senin (2/4). 

Dia menjelaskan bahwa sensus pertanian dilaksanakan sepuluh tahun sekali pada tahun berakhiran 3. Tahun 2013, Indonesia akan melaksanakan sensus pertanian yang keenam kalinya sejak tahun 1963. 

"Tahapan sensusnya adalah Mei 2012 akan melakukan pemuktahiran direktori perusahaan pertanian. Lalu Mei 2013 pencacahan lengkap rumah tangga pertanian, dan tahun 2014 pencacahan lanjutan ST2013 menurut subsektor," jelasnya. 

Menurut Suryamin, sensus pertanian ini penting dilakukan. Pasalnya, sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Kontribusi sektor pertanian terhadap PDB tahun 2011 sebesar 14,7%, menempati posisi kedua setelah sektor industri pengolahan. 

Disamping itu, dari 109,7 juta jiwa penduduk bekerja (Agustus 2011), sebesar 39,33% bekerja di sektor pertanian. (WR/OL-9) 


Moga hasil sensus ini akan memberikan efek yang nyata buat pertanian Indonesia yang lebih baik, tidak hanya sekedar deretan angka, tapi deretan perhatian yang lebih serius dari Pemerintah khususnya. kita percaya bahwa kalau semua pihak bisa bergandengan tangan & komitmen dalam memajukan pertanian kita, Pertanian Indonesia akan maju & Jaya !

Salam Satu Cinta!
Satu Cinta untuk Indonesia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar