Selasa, 24 April 2012

AGROCAMP 2012 Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran


Ajang Belajar & Berlatih Bersama Petani di Negeri Agraris
Mahasiswa adalah sosok yang kental dengan nuansa kedinamisan dan sifat keilmuannya yang melihat sesuatu berdasarkan kenyataan objektif, sistematis dan rasional serta idealisme yang tinggi, kegigihan, dan positive thinking yang merupakan sifat dasar dari seorang mahasiswa yang bijak dan luhur dalam menghadapi tantangan global.
Mahasiswa tidak hanya bergengsi secara sosial psikologis dalam dunia jenjang pendidikan, tetapi juga bergengsi secara intelektual baik pikiran, akal serta tindakannya. Dalam era globalisasi ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk pandai dalam ilmu perkuliahan tetapi juga dalam teknik pengaplikasian ilmu di kehidupan bermasyarakat. Untuk menunjang hal tersebut maka perlu adanya kegiatan berupa pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh mahasiswa fakultas pertanian yang berhubungan langsung dengan masyarakat.
Kegiatan mahasiswa merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan usaha pengembangan daya kreatifitas dan keilmuan yang menjadi tujuan utama dari kegiatan ini. Kegiatan ini juga merupakan usaha meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill yang menunjang dengan dasar keilmuan yang sedang ditekuni. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada dasarnya merupakan sarana pembelajaran setiap mahasiswa dalam mengaktualisasi diri dan berani bertanggung jawab akan apa yang dilakukannya.
Dengan dasar pemikiran seperti itulah, maka kami merasa perlu adanya pelatihan-pelatihan pertanian dari bidang pengendalian hama dan penyakit, budidaya pertanian, kesuburan tanah serta kewirausahaan bagi mahasiswa fakultas pertanian. Oleh karena itu, AGROCAMP 2012 (Ajang Belajar & Berlatih Bersama Petani di Negeri Agraris) ini terbentuk untuk memadukan kegiatan keprofesian yang ada di fakultas pertanian serta lebih dekat dan pertanian itu sendiri. Membentuk karakter mahasiswa fakultas pertanian yang mampu berhubungan langsung dengan masyarakat. Selain itu, agar terciptanya keakraban antar sesama mahasiswa.
Alhamdulillah kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses pada  Hari  Sabtu dan Minggu (14 – 15 April 2012)  bertempat di  SPLPP Unpad (Sanggar Penelitian, Latihan, dan Pengembangan Pertanian) Arjasari, Banjaran, Kabupaten Bandung. Adapun Bentuk kegiatannya adalah : (1) Pelatihan - pelatihan keprofesian agroteknologi dengan mengangkat pertanian efektif dan pertanian dasar berbasiskan Teknologi Tepat Guna, (2) Kunjungan langsung ke lahan pertanian warga sekitar disertai dengan praktek, (3) Seminar dan kegiatan talk show bersama narasumber dari bidang pertanian. Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan AGROCAMP 2012 ini dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan produktivitas, keilmuan, dan kreatifitas mahasiswa pertanian dengan mengedepankan asas kekeluargaan dalam kehidupan bermasyarakat juga dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Photo-photo kegiatannya :)










Terima kasih atas seluruh pengeorbanan teman-teman panitia Agrocamp 2012 Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, mudah-mudahan ini menjadi bukti konkrit kita untuk memajukan Pertanian Indonesia, Pertanian Jaya! Satu Cinta untuk Indonesia.




1 komentar:

  1. wah seru tuuuuuuuuuuuuh......... dikampus UB juga ada tp 5 bulan lagi... hehee..

    BalasHapus