Kamis, 12 April 2012

Usir Serangga Tanpa Pestisida

JAKARTA - Hama merupakan musuh utama para petani. Namun, penggunaan pestisida berbahan kimia juga meninggalkan efek samping pada tanaman dan berbahaya bagi kesehatan. Kini, ada solusi baru untuk mengatasinya, yakni penggunaan lampu TL (Tubular Lamp) dengan jenis warna UV (ultra violet).

Hal tersebut dipaparkan oleh Nur Rokhimah, Mahasiswi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Warna Cahaya Terhadap Serangga.” Dia menyebutkan, penelitian yang dilakukannya cukup sederhana.

“Untuk penelitian ini, hanya dibutuhkan bola lampu. Lebih efektif bila menggunakan lampu TL karena lebih terang. Bola lampu diletakkan di pembatas sawah atau galengan, saat malam hari. Di bawah lampu tersebut disediakan nampan yang sudah diberi lem lalat. Malam hari mulai dipasang, pagi hari kita sudah dapat melihat serangga-serangga dan hama yang kecil-kecil terperangkap di sana,” kata Nur seperti dikutip dari situs UMY, Kamis (12/4/2012).

Dalam penelitian lapangan yang dilakukannya selama satu bulan itu, Nur menemukan, warna lampu yang paling efektif untuk menarik serangga untuk datang adalah Ultra Violet. “Saya mencoba lima warna lampu yang ada di pasaran. Warna merah, kuning, UV, biru, dan putih untuk lampu TL. Sedangkan lampu pijarnya menggunakan warna merah, kuning, biru, putih, dan oranye. Daya yang dibutuhkan sebanyak 220 volt, sementara lampu bisa disambungkan dengan listrik yang ada di rumah,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2010 ini mengungkapkan, penelitian tersebut dilakukan di empat area sawah di area Kampus Terpadu UMY. Sebagai pembandingnya, Nur pun melakukan penelitian di lapangan.

“Dari area penelitian, penelitian yang dilakukan di sawah menangkap lebih banyak serangga daripada di lapangan. Serangga tersebut meliputi serangga-serangga kecil, seperti wereng, dan lain sebagainya. Perbandingannya hampir satu banding setengah. Di sawah, nampan yang ditimbang memiliki berat serangga sekira tiga gram, sementara di lapangan hanya setengahnya,” pungkas Nur.(mrg)(rhs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar