Senin, 02 April 2012

Temanggung Targetkan Swasembada Beras Tahun Ini

TEMANGGUNG--MICOM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, menargetkan mempu memproduksi 178 ribu ton gabah kering giling (GKG) pada 2012, sehingga bisa memenuhi swasembada beras. 

Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut)Kabupaten Temanggung, Sunardi, mengatakan, luas lahan panen 
daerahnya tahun ini mencapai dua kali lipat dari luasan lahan saat musim tanam biasanya, yakni 29 ribu hektar (ha). 

"Luasan lahan sebanyak ini akan dioptimalkan dengan menambah index tanam dari 100 persen menjadi 200 persen, sehingga produksi optimal 178 ribu ton GKG bisa tercapai. Nanti perhitungan target akan dihitung hingga masa panen di akhir tahun," kata Sunardi, Senin (2/4). 

Selain optimalisasi lahan, pihaknya juga akan mengupayakan intensitas tanaman. Ia menyontohkan, pada lahan yang selama ini baru satu kali tanam akan di usahakan mampu ditanami dua kali. 

Upaya lainya yani pemanfaatan lahan-lahan kering yang masih memungkinkan ditanami padi gogo. Lahan penanaman padi gogo tersebar di Kecamatan Kranggan, Kandangan, Kaloran, dan Pringsurat. 

"Nanti juga akan ada bantuan benih untuk 850 ha," katanya. 

Disebutkan, angka panenan hingga Februari 2012 sudah mencapai sekitar 38 ribu ton GKG dari luasan panen 6.236 hektare. Sedangkan untuk bulan April ia menarget produktivitas 61,13 ton per hektar dari luasan 11.000 ha. 

"Jika produksinya sesuai target terus, sampai akhir Desember 2012 nanti kita bisa memproduksi 178 ribu ton GKG," katanya. (TS/OL-3)


Pertanian Sektor utama kemajuan Indonesia, teruslah Berjaya Pertanian Indonesia, Optimis, Pasti Bisa!

Satu Cinta untuk Indonesia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar